Sabtu, 29 Agustus 2009

Sepeda Pertama di Dunia


Siapa yang tidak tahu tentang sepeda?, benda yang satu ini sangatlah membantu hidup manusia saat ini, jadi ga ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana sejarah sepeda.

Menurut catatan sejarah yang pernah terdokumentasi bahwa sepeda pertama dibuat pada awal abad ke-19 yaitu pada tahun 1818 oleh Baron Von Drais dari Perancis.

Bapak Baron membuat sepeda tanpa pedal yang terinspirasi oleh kuda, maklum pada masa itu kuda adalah transportasi utama sehingga sepeda pun mirip dengan kuda. Cara kerja sepeda ini adalah ditunggangi layaknya kuda dan didorong dengan kaki seperti layaknya orang berjalan atau lebih tepatnya lagi menggelinding.

Sepeda ini belum efektif tetapi setidaknya lebih cepat daripada berjalan kaki disamping itu pengendara tidak terlalu capai karena dapat duduk disadel. Bapak Baron memang membuat sepeda ini sebagai alat transportasinya ke ladang.

Sepeda pertama ini terbuat dari kayu dan menjadi inspirasi bagi sepeda masa depan. Dan hingga kini sepeda masih tetap menjadi alat transportasi yang sangat dibutuhkan bagi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar