Sabtu, 29 Agustus 2009

Mencegah Penyakit dengan makanan sehat ala China

Pernahkah Anda memperhatikan cara makan orang-orang China? Makanan apa yang biasa mereka makan? Apa yang membuat mereka tetap sehat dan terhindar dari penyakit.
pada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang-orang China hanya mengonsumsi 30 persen kalori dibanding negara-negara lain dan hal itu hanya akan menambah berat badannya kurang dari 20 persen.

Apa rahasianya?

1. Sayuran lebih berharga dari apa pun
Bagi orang China, sayuran adalah segalanya. Sayuran sama berharganya dengan daging. Jika disuruh memilih, mereka akan memilih sayuran ketimbang daging meskipun harga sayur itu dinaikkan berapa kali lipat. Sayuran yang mereka makan biasanya lebih banyak porsinya daripada daging atau nasi sekalipun.

2. Gunakan prinsip '5 mangkok'
Orang-orang China mengonsumsi makanan dalam wadah yang berbeda-beda. Mereka percaya bahwa memisahkan makanan satu sama lain dapat mengontrol berat badan mereka. Biasanya mereka memisahkan makanan dengan mangkok yang berbeda, sesuai jenis makanan atau rasanya (manis, asin, asam, pahit, pedas).

3. Berpikir 'Yin dan Yang'
Prinsip Yin dan Yang menjadi prinsip hidup serta pola makan mereka. Makanan-makanan 'Yin' adalah makanan yang dikukus dan memberikan efek menenangkan, sedangkan makanan 'Yang' biasanya adalah makanan yang dibakar dan dapat menghangatkan tubuh. Mereka jarang mengonsumsi makanan yang digoreng. Dengan prinsip Yin dan Yang, mereka yakin pola makannya akan seimbang.

4. Minum teh hangat
Mengonsumsi teh hangat akan membantu proses penguraian lemak dalam tubuh. Mereka menghindari teh dingin karena menurut mereka itu akan meningkatkan risiko obesitas dan kelesuan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar