Senin, 09 Agustus 2010

Cara Save IPTABLES di Ubuntu

Dear All,



Biasanya kalau kita baru menggunakan iptables, kadang kita berpikir bahwa kalau kita sudah mengetik command iptables di terminal/console, pekerjaan kita sudah selesai..



Akan tetapi, ternyata begitu komputer kita reboot, semua konfigurasi iptables yang sudah kita buat akan hilang.........(saya pernah mengalami....sudah capek2 ngetik command, tau2 hilang....`_`)!



ternyata command2 tersebut harus disave, dan kemudian harus direstore ketika komputer hidup.

sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan proses save dan restore, salah satunya adalah cara yang biasa saya gunakan...



misalnya saya mengetik command iptables :



iptables -t nat bla...bla...bla






kemudian saya enter



langkah berikutnya adalah saya harus menge-savenya, salah satu caranya adalah dengan mengesave di folder yang sudah kita buat (supaya gampang menemukannya)



sintaks save-nya :



iptables-save > direktori yang kita inginkan / nama file yang diinginkan






Contoh:

Misalnya saya save di folder iptables yang ada di home dengan nama iptables.conf



iptables-save > /home/iptables/iptables.conf






dengan demikian , maka iptables akan disimpan di folder /home/iptables,



kemudian, untuk meloadnya, salah satu caranya bisa diletakkan di berkas konfigurasi network yang berada di /etc/network/interfaces



untuk masuk ke sana, gunakan editor, misalnya vim



vim /etc/network/interfaces






kemudian letakkan di bawah konfigurasi eth0..



caranya ketik:



pre-up iptables-restore < /home/iptables/iptables.conf






kemudian save, lalu restart network :



/etc/ini.t/networking restart




Tidak ada komentar:

Posting Komentar